ANALISIS
JURNAL 1 bagian ke- 2
Eka Miratul
Khasanah (222 12 411)
Mitha
Filandari (242 12 612)
Putri Maryam
Anggreini (252 12 773)
Wiwit Tri
Chahyani (272 12 761)
SMAK06-3
NATIONAL
INCOME (Sumber:
ejeps.fatih.edu.tr/docs/articles/30.pdf)
1. Tema :
National Income
2. Judul :
Government Expenditure and National Income: A Causality Test for Nigeria
3. Nama
Pengarang :
Omoke Philip Chimobi
4. Tahun : 2009
5. Penerbit :
European Journal of Economic and Political Studies
6. Hasil
dan Analisis : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji arah kausalitas antara pengeluaran
pemerintah dan Pendapatan Nasional di Nigeria menggunakan data tahunan untuk periode 1970-2005. Penulis menemukan bahwa variabel yang non-stasioner
masih dalam levelnya, tetapi stasioner
yg pertama berbeda. Penulis menerapkan pendekatan kointegrasi multivariat Johansen untuk menguji hubungan jangka
panjang antar variabel. Hasilnya
menunjukkan tidak ada hubungan jangka
panjang antara pengeluaran Pemerintah
dan pendapatan nasional di Nigeria. Uji kausalitas
Granger mengungkapkan bahwa kausalitas
bergerak dari Pengeluaran pemerintah
menuju Pendapatan Nasional. Hasil
ini menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah memainkan peran penting
dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di
Nigeria.
Ansari et al
(1997) upaya untuk menentukan arah kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional
di tiga negara Afrika Ghana, Kenya, dan
Afrika Selatan, dengan menggunakan prosedur pengujian standar Granger dan uji
kausalitas Holmes-Hutton (1990), yang merupakan
versi modifikasi dari tes Granger. Penelitian menggunakan
data tahunan pengeluaran
pemerintah per kapita dan
pendapatan nasional untuk periode
1957-1990. Kedua variabel
dikurangi dengan menggunakan deflator PDB untuk masing-masing
negara. Studi ini menemukan bahwa di Ghana, Kenya dan
Afrika Selatan tidak ada hubungan
keseimbangan jangka panjang antara pengeluaran
pemerintah dan pendapatan nasional selama periode sampel. Untuk negara-negara ini, tidak ada bukti dari hipotesis Wagner atau
sebaliknya yang mendukung
hubungan jangka pendek, kecuali untuk Ghana di mana Hukum Wagner
didukung.
9. Kesimpulan dan Saran :
·
Kesimpulan : Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui hubungan kausalitas antara pengeluaran pemerintah
dan pendapatan nasional dengan menguji hipotesis Wagner dan sebaliknya di
Nigeria. Penulis menggunakan metode kointegrasi Johansen - Juselius untuk
mendeteksi hubungan jangka panjang antara pendapatan nasional riil per kapita
dan pengeluaran pemerintah riil per kapita di Nigeria. Hasil kointegrasi
bivariate Johansen mengungkapkan bahwa ada hubungan jangka panjang antara
variabel-variabel stasioner yang ada.
Hasil tes kausalitas Granger menunjukkan bahwa hukum Wagner didukung
oleh data yang digunakan dalam sampel penulis. Ini berarti ada hubungan sebab
akibat bergerak dari pengeluaran pemerintah terhadap pendapatan nasional. Temuan
penulis juga menunjukkan bahwa pngeluaran pemerintah memainkan peran penting
dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Nigeria. Hal ini dapat diterima
karena secara luas diyakini bahwa pemerintah telah memainkan beberapa peran penting
dalam pembangunan negara.
·
Saran : Peningkatan pengeluaran
pemerintah akan menghasilkan peningkatan yang positif dalam pertumbuhan ekonomi
dengan meningkatkan pendapatan nasional.
EFFECT TAXES
TERHADAP INCOME PER KAPITA (Sumber: http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&ved=0CHYQFjAI&url=http%3A%2F%2Fare.berkeley.edu%2F~jperloff%2FPDF%2Ftax.pdf&ei=0LSFUsm9AdDirAe86ICoCw&usg=AFQjCNGTJ5ncIug0CA2QLS0_cB-sjLRhgQ&bvm=bv.56643336,d.bmk)
1. Tema : Effect Taxes terhadap Income per Kapita
2. Judul : Effects of Taxes and
other Government Policies on Income
Distribution and
Welfare
3. Nama
Pengarang : Ximming Wu, Jeffrey M. Perloff, dan Amos Golan
4. Tahun : 2006
5. Hasil dan
Analisis : Penulis telah meneliti efek dari pajak utama pemerintah, asuransi
sosial, dan kebijakan redistribusi
pada semua langkah-langkah ketimpangan umum menggunakan: koefisien variasi dari distribusi pendapatan,
rata-rata deviasi relatif pendapatan, standar deviasi logaritma pendapatan, indeks
Gini, dan indeks Atkinson
untuk berbagai nilai parameter. Penulis menggunakan variasi berbagai program pemerintah di seluruh negara
dan dari waktu ke waktu (1981-1997) untuk memperkirakan efek kebijakan pada
distribusi pendapatan, mengontrol
variabel demografis ekonomi makro dan
agregat. Penelitian kami yang pertama untuk meneliti efek interaksi distribusi semua kebijakan pemerintah
anti-kemiskinan besar terhadap seluruh
distribusi pendapatan.
6. Kesimpulan :Ada empat kesimpulan utama. Pertama , adalah
praktis untuk mempelajari efek distribusi dari program pemerintah karena hampir
semua hasil estimasi secara kualitatif identik pada langkah ketidaksetaraan
umum. Selain itu , kita menemukan bahwa hasilnya hampir sama untuk berbagai
spesifikasi model dan teknik estimasi. Kedua , cara yang efektif untuk membuat
distribusi pendapatan yang lebih merata adalah dengan menggunakan pajak . Tarif
pajak marjinal memiliki efek menyeimbangkan kesejahteraan lebih besar daripada
asuransi sosial atau program transfer langsung . Pendapatan Kredit Pajak
Penghasilan memiliki efek yang diinginkan lebih kecil tapi masih signifikan
secara statistik. Ketiga , hukum upah minimum dan program transfer langsung
tidak memiliki efek yang signifikan secara statistik atau mengurangi kesetaraan.
Keempat , program asuransi sosial cenderung memiliki efek yang relatif kecil
kecuali SSI. Pengangguran memiliki efek negative distribusi yang kecil, yang
secara statistik signifikan untuk mengukur bahwa pendapatan warga miskin sangat
berat . Asuransi Cacat cenderung memiliki efek positif yang kecil . Penghasilan
Keamanan Tambahan memiliki efek yang cukup besar.
4 SECTOR OF ECONOMY
1.
Tema :
4 Sector Of Economy
2.
Judul :
Export and Economic Growth in China: A Demand-Oriented
Analysis
3. Nama
Pengarang :
- Justin Yifu Lin*
- Yongjun Li
5. Hasil dan
analis :
Banyak penelitian, berdasarkan akuntansi
mengidentifikasi produk domestik bruto (PDB), menemukan bahwa kontribusi
perdagangan luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Cina selama 20 tahun
terakhir sangat kecil. Dalam jurnal penulis memeriksa kembali masalah
pertumbuhan ekonomi di China dan menemukan bahwa studi mereka meremehkan
kontribusi ekspor terhadap pertumbuhan PDB dengan melihat dampak tidak langsung
ekspor pada konsumsi domestik, investasi, pengeluaran pemerintah dan impor.
Penulis menggunakan metode estimasi baru dan menemukan bahwa sepuluh persen
peningkatan ekspor menyebabkan kenaikan satu persen PDB pada 1990-an di Cina,
ketika kedua kontribusi langsung dan tidak langsung dianggap.
Sejak
inisiasi Cina dari reformasi ekonomi dan penerapan pintu terbuka kebijakan , perdagangan
luar negeri di Cina telah mengalami pertumbuhan pesat . Pada tahun 1978 , nilai
total dari impor dan ekspor mencapai US $ 20.640.000.000. Pada tahun 2001 ,
jumlah ini meningkat menjadi US $ 509.800.000.000. Rata-rata , tingkat
pertumbuhan tahunan perdagangan luar negeri telah setinggi 15 % , 5,5 poin
persentase lebih tinggi dari 9,5 % PDB tahunan tingkat pertumbuhan china selama
periode yang sama . Hubungan antara pertumbuhan perdagangan negeri Cina dan
ekonomi telah menjadi isu panas di kalangan akademisi dan pengamat China.
Penelitian ini secara umum menganggap bahwa pertumbuhan ekspor telah mendorong
pertumbuhan ekonomi ke depan , dan mereka memperkirakan kontribusi perdagangan
asing terhadap pertumbuhan ekonomi sudah sesuai. Makalah ini milik kedua
kategori . Estimasi sebelumnya kontribusi ekspor semua berbagi kesamaan
kekurangan . Mereka hanya memperkirakan dampak langsung ekspor dan mengabaikan
langsung dampak , yang meliputi konsumsi, investasi , pengeluaran pemerintah
dan impor . Karena kekurangan ini , estimasi sebelumnya tidak boleh digunakan
untuk panduan untuk perumusan kebijakan , atau kebijakan dapat menyesatkan.
Estimasi sebelumnya menggunakan identitas
akuntansi berikut ini sebagai titik awal dan menganalisis kontribusi ekspor
sesuai:
Y = C + I + G + (X-M) (1)
di mana Y, C, I, G, X, M mewakili
masing-masing, pendapatan nasional, konsumsi, investasi, pengeluaran
pemerintah, ekspor dan impor. Membedakan (1) dengan menghormati ke waktu
memberikan:
Y = C + I + G + (X-M) (1)
dimana Y=dy/dt
dan ketentuan lainnya dihitung sama.
6.
*Kesimpulan : Bahwa ekspor belum menghasilkan banyak
pertumbuhan ekonomi sejak mulai dari reformasi . Setelah argumen ini , ekonom
cenderung menekankan permintaan domestik dan mengabaikan pentingnya ekspor . Berbeda
dengan ini argumen , analisis dalam makalah ini menunjukkan bahwa ekspor selalu
dan akan terus menjadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi pertumbuhan China.
Dalam rangka memfasilitasi perbandingan hasil dengan yang tradisional yang
hanya mengukur dampak langsung ekspor, konsumsi dan investasi baru. Model
sebenarnya mencakup baik penduduk dan pengeluaran pemerintah. Sekali lagi, kita
harus mengetahui apakah atau tidak pengeluaran otonom oleh pemerintah adalah
penting. Menurut kesimpulan CEPG itu, pengeluaran pemerintah tidak dapat
dianggap sebagai jenis permintaan otonom, karena pengeluaran pemerintah adalah
fungsi dari perpajakan, yang itu sendiri merupakan fungsi dari pendapatan
nasional. Apakah atau tidak asumsi ini berlaku ke China merupakan isu yang
perlu verifikasi.
*Saran : Sejak inisiasi Cina dari reformasi ekonomi dan
penerapan pintu terbuka kebijakan , perdagangan luar negeri di Cina telah
mengalami pertumbuhan pesat, tetapi ekspor belum menghasilkan banyak
pertumbuhan ekonomi sejak mulai dari reformasi. Oleh sebab itulah pemerintah
juga harus ikut campur tangan. suku bunga pinjaman untuk investasi aktiva tetap
dengan satu tahun jatuh tempo, mereka diambil dari Cina Financial Yearbook, dan
juga dikonversi ke suku bunga riil.
GDP dan GNP
1. TEMA : GDP (http://www.omicsonline.com/open-access/2162-6359/2162-6359-1-082.pdf?aid=17205)
dan GNP (profile.nus.edu.sg/fass/polhaque/gnp-myth.pdf)
2. JUDUL :
Forecasting GDP Growth Rates of India: An Empirical Study ,The Myths of Economic Growth (GNP):
Implications for Human Development
3. PENGARANG : Bipasha Maity, PhD and Bani
Chaterjee, PhD, M. ShamsulHaque
4. TAHUN : 2012 dan 2008
6. HASIL DAN ANALISIS :
GDP
GDP adalah penghitungan yang digunakan oleh
suatu negara sebagai ukuran utama bagi aktivitas perekonomian nasionalnya,
tetapi pada dasarnya GDP mengukur seluruh volume produksi dari suatu wilayah
(negara) secara geografis (http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/produk-domestik-bruto-pdbgross-domestic.html). Sedangkan menurut McEachern (2000:146), GDP
artinya mengukur nilai pasar dari barang dan jasa akhir yang diproduksi oleh
sumber daya yang berada dalam suatu negara selama jangka waktu tertentu,
biasanya satu tahun. GDP juga dapat
digunakan untuk mempelajari perekonomian dari waktu ke waktu atau untuk
membandingkan beberapa perekonomian pada suatu saat.
PDB
menunjukkan kesehatan keuangan suatu negara secara keseluruhan-yang notabene adalah perburuan peneliti di bidang
bisnis pada umumnya dan ekonomi
pada khususnya. Isu-isu dari PDB telah menjadi yang paling bersangkutan antara variabel
ekonomi makro dan
data GDP dianggap sebagai indeks penting untuk menilai pembangunan ekonomi nasional dan untuk menilai
status operasi ekonomi
makro secara keseluruhan (Ning et al. 2010)
Jurnal ini menjelaskan tentang isu-isu peramalan tingkat pertumbuhan PDB di India. Data
PDB telah dikumpulkan selama 60 tahun dari berbagai publikasi dari Bank India. Model tentative ARIMA yang sangat sederhana (1, 2, 2) yang dipakai oleh penulis pada data untuk memperkirakan parameter rata-rata
komponen autoregressive dan pergerakan rata-rata komponen dari model ini. Hasil
menunjukkan bahwa hanya satu
periode dari autoregressive dan
pergerakan rata-rata signifikan secara statistik. Selanjutnya, nilai absolut dari PDB diperkirakan menunjukkan
kecenderungan meningkat dan tingkat
pertumbuhan masing-masing mengungkapkan tren yang berlawanan di masa depan. Temuan ini akan membantu para pembuat kebijakan dan manajer untuk merumuskan strategi ekonomi dan bisnis pada gilirannya secara lebih tepat.
GNP
Jurnal ini membahas tentang ukuran GNP per
kapita. Sebagai tambahan besarnya ukuran GNP per kapita sudah digunakan untuk
menentukan status ekonomi suatu kota dan tingkatan hirerki pembangunan secara
global. Pada umumnya, GNP dari suatu wilayah menunjukkan total nilai uang dari
semua barang dan jasa yang diproduksi di wilayah tersebut dalam satu tahun
lebih spesifik lagi GNP termasuk jumlah nilai uang dari total produk domestik
tahunan dari suatu wilayah ditambah pendapatan (penghasilan investasi dan
pengiriman uang) yang diperoleh dari warga negaranya dikurangi pembayaran dari
warga negawa asing dan lembaga asing, contohnya bunga dari peminjaman luar
negeri dan keuntungan yang diperoleh dari investor asing. Untuk negara-negara
berkembang, pengukuran GNP terlihat lebih realistis karena di Negara-negara
tersebut keuntungan dan pendapatan yang diperoleh dari investor asing jauh
lebih umum dan signifikan daripada keuntungan yang diperoleh dari warga
negaranya yang berada di luar negeri. Bagaimanapun, pengukuran GNP telah ada
untuk mewakili “Dasar Pengukuran dari Pertumbuhan Ekonomi” dan “Kriteria
Sukses” (Brown, 1990; Robinson, 1979). Seperti
yang telah disebutkan diatas, pengukuran GNP digunakan untuk mengkategorikan
Negara-negara disepanjang rangkaian Negara paling berkembang dan Negara paling
tidak berkembang, dengan kategori lain (seperti Negara-negara yang
berpendapatan tinggi, berpendapatan menengah, menengah kebawah, dan menengah
keatas). Meskipun penggunaan GNP untuk menilai tingkat pembangunan telah
diperluas dan mengglobal, tetapi ada batas besar atau kelemahan dari GNP untuk menilai
status pembangunan di berbagai Negara. Jurnal ini juga menjelaskan bahwa ada
implikasi ekonomi, politik, dan budaya yang menggunakan GNP sebagai indicator
pembangunan atau meningkatkan GNP sebagai tujuan utama pembangunan nasional.
Meskipun ada beberapa kekurangan dari konsep tersebut, kebanyakan pemerintah
dan lembaga internasional melanjutkan untuk menggunakan GNP sebagai indicator
pertumbuhan ekonomi yang dominan.
KESIMPULAN
GDP
Dalam penelitian ini , model ARIMA telah
diperkirakan untuk meramalkan GDP dan tingkat pertumbuhan untuk beberapa tahun
ke depan dengan memanfaatkan Time - Data series selama periode 1959-2011. Aspek
ini tentu menegaskan keabsahan hasil yang dilaporkan dalam penelitian ini . Selanjutnya
, validitas statistik model ini juga diperiksa dan dimodifikasi oleh Ljung -
Box statistik . Pada akhirnya , hasilnya sangat mengesankan karena hanya satu
koefisien AR dan satu koefisien MA secara statistik sangat signifikan , yang
sebenarnya memperkirakan model yang sangat sedikit , yang sangat efektif untuk
meramalkan GDP dan tingkat pertumbuhan di India .
Hal itu akan menarik untuk memperluas penelitian
ini dengan memasukkan faktor-faktor
yang mungkin berpengaruh
terhadap PDB seperti tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat pertumbuhan industri, tingkat imigrasi, dll
dalam model di masa depan.
GNP
GNP digunakan untuk menentukan status ekonomi
dan pendapatan disuatu wilayah dalam periode satu tahun dan GNP juga digunakan
sebagai indikator pembangunan. Walaupun
ada kelemahan dari GNP untuk menilai status pembangunan diberbagai Negara tetapi tetap saja kebanyakan pemerintah dan
lembaga internasional melanjutkan untuk menggunakan GNP sebagai indicator
pembangunan.
KELEBIHAN
DAN KELEMAHAN GNP
1. Tema :
Kelebihan dan Kelemahan GNP
2. Judul :
ALTERNATIVES TO GROSS NATIONAL PRODUCT
3. Pengarang :
- Richard W. England
- Jonathan M. Harris
5. Hasil dan Analisis :
Upaya untuk
mengukur agregat pendapatan suatu
negara kembali ke abad ke-17,
ketika Sir William Petty merancang salah
satu perkiraan pendapatan
nasional pertama. Konsep perlahan berkembang, sebagai ekonom
yang mengembangkan pemahaman mereka tentang
bagaimana sistem ekonomi beroperasi dan perubahan
sebagai masalah ekonomi utama
yang dihadapi oleh masyarakat. Namun,
dorongan utama untuk penciptaan akuntansi nasional
yang modern
pendapatan datang dengan krisis ekonomi Depresi Besar, konflik
politik dan militer Perang Dunia II,
dan munculnya teori makroekonomi Keynesian (Carson 1975,
Ruggles 1993).
Dari analisis penulis, Para ekonom telah lama
menerima bahwa untuk berbagai tujuan konsep Produk Nasional Neto ( NNP ) atau Produk Domestik Neto ( NDP ) adalah ukuran
yang lebih baik dari produksi ekonomi yang
benar dari GNP
yang sesuai. Barang modal yang
diproduksi pada suatu tahun tertentu , dan diukur sebagai investasi bruto dalam
GDP , tetapi barang modal
terdepresiasi
pada tahun yang sama . Oleh karena itu kita harus mengurangi penyusutan dari
investasi bruto , dan dari PDB , untuk
memperoleh gambaran yang benar dari produksi bangsa selama setahun. Dengan kata
lain , setelah dikurangi hasil akhir dari
aset depresiasi adalah ukuran yang lebih
baik dari kapasitas masyarakat
untuk melayani kebutuhan sekarang dan masa depan anggotanya . Dalam standar akuntansi pendapatan
nasional penyesuaian penyusutan hanya diterapkan pada produksi modal seperti bangunan dan mesin . Penyusutan
modal alam seperti hutan ,
perikanan , dan
tanah belum ditemukan . Dalam beberapa tahun terakhir , berbagai penyesuaian
perhitungan pendapatan nasional telah
mengusulkan agar
depresiasi aset akan diukur lebih komprehensif , sehingga memungkinkan lebih realistis estimasi output bersih yang tersedia untuk konsumsi saat
ini dan akumulasi aset.
6. Kesimpulan :
Kekurangan GNP sebagai ukuran kesejahteraan :
1. Ada sejumlah besar kegiatan produktif yang
sebenarnya, tetapi tidak diperhitungkan
2. GNP adalah ukuran kuantitatif yang tidak
mencerminkan peningkatan kualitas hidup
3. GNP hanya mengukur volume produksi tetapi
tidak mengatakan apa-apa kepada warga
4. Peningkatan GNP adalah efek samping
KONSEP STOCK
FLOW
Concept
Stock & Flow
Tema : Concept Stock & Flow
Judul : Stock-Flow Adjustments, Government’s
Integrated Balance Sheet and Fiscal Transparency
Nama
Pengarang :
Mike Seiferling
Tahun :
2013
Penerbit
(Sumber) :
www.imf.org/external/pubs/ft/wp/.../wp1363.pdf
Hasil dan
analisis :
Jurnal ini membahas tentang perbedaan aliran saham utang pemerintah, defisit fiskal, dan korelasi dengan transparansi. Menerapkan
hubungan terintegrasi antara saham keuangan dan
arus yang memungkinkan untuk analisis komponen deterministik yang lebih halus yang membentuk aliran saham sisa. Dengan menggunakan langkah-langkah
parsial
dari residu aliran
saham, beberapa studi empiris telah
menemukan untuk berkorelasi secara signifikan
dengan transparansi fiskal, inflasi,
aturan fiskal, dan krisis perbankan. Sebuah temuan
yang konsisten dari penelitian masa lalu " penyesuaian aliran saham " adalah korelasi yang tinggi antara residual saham - aliran parsial dan transparansi keuangan. Jurnal
ini juga membahas apakah korelasi ini ada di konteks residu aliran cadangan yang belum teruji, terutama karena adanya keterbatasan data. Meskipun hampir semua pemerintah mengumpulkan beberapa bentuk data fiskal , bagian ini akan mempertimbangkan ' wartawan ' untuk menjadi negara-negara yang
mengkompilasi statistik keuangan publik dengan cara yang konsisten dengan standar akuntansi internasional yang diatur dalam SNA
2008 dan GFSM 2001 dan
memberikan data kepada Dana Moneter Internasional untuk diseminasi publik. Alasan untuk ini adalah : i ) sosialisasi kepada IMF kesediaan sinyal pada bagian dari negara untuk
memiliki data keuangan publik mereka kemudian diperiksa oleh komunitas
internasional yang ahli (
transparansi ) , dan ii ) pelaporan dalam akuntansi internasional didefinisikan
dengan baik.
Kerangka memastikan komparatif tingkat tinggi tanpa harus membuat asumsi tentang definisi seri atau cakupan kelembagaan ( yang keduanya memiliki dampak yang
signifikan pada Data ). Menggunakan data keuangan publik terintegrasi
dari IMF
Keuangan Pemerintah Statistik Tahunan
untuk sampel 22 negara, temuan
dalam jurnal ini menunjukkan
bahwa residual aliran saham memiliki besarnya signifikan
yang lebih kecil dari sebelumnya yang diasumsikan dan,
pada kenyataannya, tidak berkorelasi dengan transparansi
fiskal. Sebuah penentu
kuatnya nilai transparansi fiskal
tampaknya menjadi pelaporan data actual fiskal yang
meliputi pemerintah, terutama
neraca keuangan penuh.
Kesimpulan :
Tujuan utama dalam jurnal ini adalah
untuk menyoroti perbedaan antara residual
aliran
saham parsial dan menyeluruh dalam statistik keuangan
publik dan hubungannya dengan transparansi
keuangan. Dalam
literature masa lalu, residu
telah dihitung sebagai perbedaan antara defisit
fiskal dan perubahan dalam utang bruto
dari satu tahun ke tahun berikutnya.
Namun, ini tidak memasukkan aliran arus ekonomi lainnya (valuasi dan volume perubahan) atau transaksi dalam aset finansial yang dalam banyak kasus memiliki efek yang
signifikan terhadap neraca pemerintah.
Perbedaan antara perubahan utang bruto antara
periode (t) dan
(t-1), dan
surplus / defisit dari periode (t), karena itu, hanya melihat sebagian dari penyesuaian
saham-aliran lengkap.
Dari perspektif empiris ,
kerangka akuntansi yang terintegrasi dari GFSM 2001, dan Pengumpulan data terkait aliran keuangan yang lengkap,
memungkinkan peneliti untuk
memvalidasi hasil
aliran saham mereka menggunakan data
yang diamati selama setidaknya 22 negara yang mencerminkan identitas akuntansi yang benar. Metodologi yang mendasari
terpadu juga memastikan bahwa stok dan
aliran data yang
sebanding dan konsisten sehubungan dengan definisi konsep dan sektoral cakupan. Temuan dalam jurnal ini menunjukkan bahwa pemerintah yang melaporkan neraca keuangan penuh
melakukan
pekerjaan yang cukup baik dalam mengintegrasikan saham
dan arus, dan pengalaman tetapi secara signifikan lebih
tinggi peringkat transparansi fiskal.
Saran :
Membandingkan parsial
dengan residu aliran cadangan lengkap untuk
negara-negara menunjukkan
bahwa besarnya langkah-langkah masa lalu residu itu sangat
berlebihan. Selanjutnya, fiskal
transparansi
tampaknya lebih mudah diprediksi dengan memeriksa penerbitan data fiskal, bukan besarnya residual aliran saham, yang tampaknya tidak
berbeda secara signifikan
di negara yang
melaporkan neraca keuangan penuh. Sementara penelitian lebih lanjut tetap
dilakukan untuk mengurai hubungan antara granular arus keuangan, neraca dan
fiskal transparansi.
SUBSIDI
Efek Subsidi
terhadap Pendapatan Per Kapita
Tema :
Efek Subsidi terhadap Pendapatan Per Kapita
Judul : Program evaluation
of agricultural input subsidies in Malawi using treatment effects: methods and
practicability based on propensity scores
Nama
Pengarang :
Themba G. Chirwa
Tahun :
2010
Penerbit
(Sumber) :
http://mpra.ub.uni-muenchen.de/21236/1/MPRA_paper_21236.pdf
Hasil dan
analisis :
Starter Pack
(TIP) Program merupakan salah satu
program masukan pertanian seperti yang diterapkan
pada tahun 1998-2004. Dalam
program ini
tersedia 10-15 kg pupuk
dan cukup benih hibrida jagung,
gratis, layak tanam 0,1
hektar lahan.
Ini ditargetkan antara 33-96% dari pedesaan petani kecil yang
diperkecil dari subsidi yang universal tahun 1998/99 menjadi input program yang
ditargetkan pada tahun 2003/04
periode produksi (Harrigan,
2003; Levy, 2005). Tujuan dari program
subsidi input pertanian di Malawi
untuk meningkatkan produksi pertanian dan
produktivitas petani kecil untuk
makanan dan tanaman sehingga
mengurangi kerentanan rawan
pangan dan kelaparan. Program subsidi telah
ada sejak Malawi mencapai
kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1964.
Studi ini
mengevaluasi dampak dari dua subsidi input pertanian yang di Malawi selama
2003/04 dan 2006/07 periode produksi terhadap pendapatan rumah tangga.
Penelitian ini menggunakan teknik ekonometrik kuasi-eksperimen yang menggunakan
skor kecenderungan yang cocok untuk mengendalikan bias seleksi pada penerima
manfaat. Sebuah model rumah tangga untuk setiap dataset diperkirakan sama
dengan Efek Pengobatan Rerata pada Pewarnaan. Bukti menunjukkan bahwa mekanisme
pencocokan berkinerja baik dalam mengevaluasi dampak dari program starter pack
yang memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap pendapatan rumah tangga
dibandingkan dengan pertanian program subsidi masukan halus yang menunjukkan
dampak positif yang signifikan pada pendapatan rumah tangga.
Kesimpulan :
Penelitian ini menunjukkan bagaimana
kita dapat menggunakan efek pengobatan untuk mengevaluasi dampak intervensi publik berdasarkan dataset independen. Penelitian ini juga
telah menggunakan algoritma yang dikembangkan oleh Becker
dan Ichino (2009) untuk menilai efek subsidi
input pada
pengeluaran pangan rumah tangga. Kesimpulan utama dari
penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut: dampak dari program
subsidi input
di Malawi menjadi kuat sebagai pembuat kebijakan
dalam meningkatkan jumlah input
disubsidi.
Manfaat lebih lanjut dapat dimaksimalkan
jika program ini
disertai dengan proyek-proyek yang
bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan
dasar di daerah target seperti jalan dan pasar. Ada bukti yang jelas dari dampak negatif yang
signifikan dari 2003/04 Starter
Pack (TIP) Program
dan dampak positif AISP yang signifikan pada
pendapatan rumah tangga ketika kita menggunakan efek pengobatan.
Saran :
Akses ke pelayanan dasar di daerah pedesaan seperti pasar besar dan jalan beraspal berdampak negative pada ketersediaan pendapatan rumah tangga. Kami menyimpulkan bahwa
intervensi diarahkan untuk melengkapi
masukan subsidi harus
didukung dengan intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dasar seperti pengembangan pasar dan jalan-jalan di daerah pedesaan. Kami menawarkan beberapa rekomendasi berdasarkan hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini ketika menilai dampak dari subsidi masukan di Malawi atau
program intervensi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan pengurangan kemiskinan.
Beberapa rekomendasi yang didasarkan pada kelemahan dibayangkan ketika mengevaluasi dua dataset survei NSO dalam penelitian ini. Dalam rangka membuat program yang efektif, efisien, mandiri dan berhasil mengevaluasi intervensi publik, berikut rekomendasi yang harus diadopsi oleh pelaksana program dan kolektor data statistik nasional:
i ) Mekanisme pelacakan
yang relevan harus diadopsi untuk
mengumpulkan data primer tentang variabel kunci yang akan terpengaruh oleh
intervensi tersebut. Dalam
kebanyakan kasus model rumah tangga
akan menjadi yang terbaik pada titik awal untuk
menentukan jenis informasi yang
harus dilacak dan bagaimana
variabel dependen
akan terpengaruh oleh intervensi tersebut.
ii) Dalam
rangka untuk menilai dampak dari
intervensi publik secara efektif
dan mandiri adalah penting bahwa pelaksana
program tersebut harus bergabung dengan Kantor Statistik Nasional personil di negara untuk merumuskan jenis pertanyaan dalam mengumpulkan informasi
yang sama termasuk
bagian 'program intervensi' tertentu
pada kuesioner yang ada bahwa mereka secara acak kumpulkan.
iii) Tindak
lanjut survei yang dilakukan oleh Kantor Statistik Nasional harus mempromosikan
koleksi kelanjutan asli variabel kuesioner
dikumpulkan dalam Survei Rumah Tangga Terpadu atau setidaknya pelacakan
variabel umum yang
relevan dengan karakteristik rumah tangga agar dapat
mengevaluasi dampak dari intervensi
tertentu berdasarkan pada model rumah tangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar